PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SEKOLAH DASAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION KELAS IV SD NEGERI JAGAMANGSAN 2

Azizah, Siti (2024) PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SEKOLAH DASAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION KELAS IV SD NEGERI JAGAMANGSAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Siti Azizah_PGSD_20108244069_skripsi fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi siswa melalui penerapan problem based learning dengan pendekatan cognitively guided instruction pada kelas IV SD Negeri Jagamangsan 2 tahun ajaran 2024/2025. Problem based learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah nyata yang merangsang keterampilan berpikir kritis dan analitis. Keterampilan kritis dan analitis merupakan aspek penting dalam literasi numerasi. Adapun cognitively guided instruction memberikan kesempatan kepada guru untuk memahami pemikiran siswa dalam memecahkan masalah matematis sehingga guru dapat memberikan arahan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jagamangsan 2 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal literasi numerasi pada materi penyajian data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan apabila > 75% siswa telah mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan problem-based learning dengan pendekatan cognitively guided instruction dapat meningkatkan literasi numerasi siswa pada materi penyajian data yang dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi dari 3 siswa (12%) sebelum tindakan, menjadi 15 siswa (60%) setelah siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa (88%). Peningkatan kemampuan literasi numerasi pada siklus II disebabkan oleh perbaikan tindakan berupa lebih menerapkan pendekatan CGI dalam mengarahkan pemikiran siswa dengan memberikan pertanyaan yang membantu siswa berpikir logis dan sistematis; penggunaan media pembelajaran konkret papan diagram yang membantu siswa memvisualisasikan data dalam bentuk diagram batang; menerapkan permasalahan kontekstual dan relevan kehidupan siswa yang mampu menghubungkan permasalahan dengan pemahaman yang dimiliki siswa; serta pemberian umpan balik yang konstruktif dan spesifik yang membantu siswa memperbaiki kesalahannya. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Problem Based Learning, Pendekatan Cognitively Guided Instruction, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:28
Last Modified: 02 Dec 2024 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84549

Actions (login required)

View Item View Item