Isnaeni, Hafidah Ayu (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH PENGGERAK SDN 5 PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_Hafidah Ayu Isnaeni.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu kunci dalam pelaksanaan pembelajaran paradigma baru yang diusung di kurikulum merdeka sebagai upaya untuk membuat proses pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Penggerak SDN 5 Pengadegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi guru kelas V, peserta didik kelas V, dan kepala sekolah SDN 5 Pengadegan. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret – Oktober 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi telah dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu tahap awal, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap awal dilakukan dengan menyiapkan kompetensi dan kesiapan guru. Tahap pelaksanaan terdiri dari asesmen awal, analisis kurikulum, diferensiasi konten, dan diferensiasi proses. Asesmen awal dilakukan dengan asesmen diagnostik kognitif. Analisis kurikulum dilakukan dengan menentukan tujuan, strategi, metode, teknik, dan media pembelajaran yang dituangkan dalam modul ajar. Diferensiasi konten dilakukan dengan pemberian buku bacaan yang bervariasi. Diferensiasi proses dilakukan dengan teknik pendampingan intensif. Tahap evaluasi dilakukan dengan asesmen formatif dan asesmen sumatif. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran berdiferensiasi meliputi faktor internal yang berasal dari karakteristik peserta didik serta faktor eksternal yang berasal dari aksesibilitas dan ketersediaan bahan ajar, lingkungan belajar, manajemen sekolah, serta kolaborasi antar pihak layanan. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:13 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |