Marindi, Neni Aisyah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI CLUMPRIT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi FullText_Neni Aisyah Marindi.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Studi dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri Clumprit. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman literasi sains peserta didik. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart, dilakukan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri Clumprit, Sleman, dengan melibatkan 12 peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengukur peningkatan literasi sains peserta didik setelah intervensi model pembelajaran STEM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik, yang terlihat dari kenaikan rata-rata nilai peserta didik dari siklus I ke siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis STEM efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Disarankan agar metode pembelajaran STEM ini diterapkan lebih luas di sekolah dasar untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan sains di Indonesia. Kata kunci: Literasi Sains, Pembelajaran STEM, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |