Laili, Zumala (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK KELAS 2 SD NEGERI SERANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI ZUMALA LAILI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang dimiliki siswa untuk memperoleh informasi dari bacaaan atau teks yang mereka baca. Pembelajaran membaca pada kelas rendah sering ditemukan sebagai permasalahan, diantaranya masalah siswa, guru, dan kegiatan pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media pembelajaran Lift The Flap Book siswa kelas 2 di SD Negeri Serangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Negeri Serangan yang berjumlah 12 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini ditunjukkan apabila siswa yang mendapatkan nilai 70 sebanyak 75% dan perhitungan persentase kemampuan membaca permulaan menunjukkan 75% dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lift The Flap Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada kelas 2 SD Negeri Serangan. Keterampilan membaca permulaan menunjukkan peningkatan, dilihat dari persentase hasil pada siklus I 61,25% dan siklus II 77,08%. Peningkatan persentase rata-rata keterampilan membaca permulaan sebesar 15,83%. Keberhasilan penelitian ini juga ditunjukkan dengan siswa memperoleh nilai 70 mencapai 75%. Serta, kriteria persentase keterampilan membaca permulaan sudah pada katagori baik. Kata kunci : keterampilan membaca permulaan, Lift The Flap Book, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:47 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |