KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP VOKASIONAL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI KWAYUHAN MINGGIR SLEMAN

Hermawan, Ryan Aditya (2024) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP VOKASIONAL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI KWAYUHAN MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Ryan Aditya Hermawan_21108241113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam pengelolaan pendidikan kecakapan hidup vokasional siswa di kelas IV SD Negeri Kwayuhan Minggir Sleman yang meliputi: (1) persiapan program, (2) sosialisasi program, (3) orientasi program, (4) pelaksanaan program, (5) evaluasi dan tindak lanjut program pendidikan kecakapan hidup vokasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Tempat penelitian di SD Negeri Kwayuhan, Minggir, Sleman. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, kepala program, wali kelas IV, orang tua, dan siswa kelas IV. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) persiapan program meliputi identifikasi kebutuhan, sumber daya, penyusunan, pengorganisasian program, kesepakatan kerja sama mitra. (2) sosialisasi meliputi pertemuan formal, informal, penyebaran informasi yang efektif, mendorong partisipasi aktif orang tua dan dukungan dari masyarakat untuk program kecakapan hidup. (3) orientasi meliputi perkenalan keterampilan anyaman bambu kepada siswa, menentukan waktu dan tempat, menjelaskan proses dan manfaat, serta memperkenalkan tenaga pengajar. (4) pelaksanaan program meliputi 3 tahap: pra pembelajaran terdapat persiapan bahan dan alat evaluasi, proses pembelajaran terdapat pendampingan individu, dan akhir pembelajaran terdapat evaluasi holistik, yang melibatkan orang tua dalam seluruh proses. (5) evaluasi dan tindak lanjut meliputi kesesuaian rencana, faktor penghambat, solusi permasalahan, dan tindak lanjut. Kata Kunci : keterlibatan orang tua, pendidikan kecakapan hidup vokasional pengelolaan pendidikan, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:45
Last Modified: 02 Dec 2024 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84538

Actions (login required)

View Item View Item