Suratmi, Suratmi (2012) Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Bantul, Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-suratmi-09703254009.swf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah evaluatif. Subjek penelitian adalah semua guru bimbingan dan konseling, Kepala Sekolah, waka kurikulum, waka urusan sarana dan prasarana, guru mata pelajaran, wali kelas, siswa, dan orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 1 Bantul terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, dan semuanya belum dilaksanakan secara optimal. (1) Program bimbingan dan konseling telah disusun namun belum mencantumkan anggaran karena anggaran bimbingan dan konseling menyatu dengan pos-pos lain di sekolah. (2) Pengorganisasian bimbingan dan konseling terkendala pada keterbatasan jumlah ruang bimbingan dan konseling. (3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling terbentur dengan pelaksanaan kegiatan lain di sekolah. (4) Pengawasan bimbingan dan konseling berupa evaluasi yang terdiri dari empat langkah dan langkah kedua yaitu mengembangkan atau menyusun instrumentasi belum dilakukan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen bimbingan dan konseling |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 07:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 04:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8452 |
Actions (login required)
View Item |