Widyastuti, Puspa and Hadi, Samsul (2024) Pengembangan Instrumen Karakter Peer Assessment Profil Pelajar Pancasila Fase E Siswa SMK. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis_puspa widyastuti_21701251042.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkonstruksi instrumen karakter peer assessment profil pelajar Pancasila fase E siswa SMK, (2) menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel, dan (3) mengetahui profil pengukuran peer assessment profil pelajar Pancasila fase e siswa SMK dengan instrumen tersebut. Penelitian ini merupakan research development dengan menggunakan model pengembangan instrumen afektif dari Mardapi (2019). Proses pengembangan meliputi langkah-langkah: (1) menentukan spesifikasi instrumen, 2) menulis instrumen, (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) melakukan uji coba, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen, (9) melaksanakan pengukuran, dan (10) menafsirkan hasil pengukuran. Subyek uji coba pertama adalah 142 siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta dan subyek uji coba kedua adalah 505 siswa kelas X di SMK negeri Kota Yogyakarta. Pengukuran dilakukan di SMKN 1 Yogyakarta sejumlah 65 siswa. Instrumen divalidasi oleh para ahli secara kualitatif. Uji coba skala luas dianalisis menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Konstruksi dari instrumen terdiri dari enam dimensi: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kritis. (2) Instrumen yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menggunakan CFA dengan nilai loading factor tiap butir >0,6 dan model pengukuran karakter siswa yang disusun fit dengan hasil RMSEA= 0,053; CFI= 0,946; TLI= 0,922; dan SRMR= 0,055. (3) Hasil pengukuran karakter pada kategori sangat tinggi dengan persentase 30,77%; kategori tinggi dengan persentase 60%; kategori sedang dengan persentase 9,23%; kategori rendah dengan presentase 0%; dan kategori sangat rendah dengan persentase 0%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, karakter, peer assessment, profil pelajar Pancasila, SMK. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84511 |
Actions (login required)
View Item |