ROMILLASARI, ROMILLASARI (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CLIP BALADA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-08201241005.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-08201241005.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08201241005.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08201241005.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08201241005.pdf Download (41MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan Video Clip Balada pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian keterampilan menulis puisi, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan media Video Clip Balada dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, antusias, dan semangat dari siswa, serta fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu mereka juga lebih suka bercanda, bermain-main, dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I siswa yang malas dan kurang bersemangat mulai berkurang. Siswa yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 13,23, pada saat siklus I meningkat menjadi 15,96, dan pada siklus II meningkat menjadi 20,35. Peningkatan skor akhir dari siklus I ke siklus II adalah 4,39. Peningkatan skor akhir tiap aspek penilaian, yakni aspek, tema, citraan, diksi, persajakan, majas dan amanat dari siklus I ke siklus II adalah 0,62, 0,73, 0,81, 0,46, 1,04 dan 0,73. Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan dengan penggunaan media Video Clip Balada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 07:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8439 |
Actions (login required)
View Item |