COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION (CGI) UNTUK MENINGKATKAN PEMIKIRAN RELASIONAL (RELATIONAL THINKING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ANAK SEKOLAH DASAR

Utami, Sri (2024) COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION (CGI) UNTUK MENINGKATKAN PEMIKIRAN RELASIONAL (RELATIONAL THINKING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ANAK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Sri Utami_19108241008_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir relasional (relational thinking) berbantuan pada pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI) pada siswa kelas III SD Negeri Bukur. Pembelajaran kognitif terbimbing atau Cognitively Guided Instruction (CGI) adalah program pengembangan profesional dengan proses pembelajaran yang berfokus pada pemikiran matematis siswa menggunakan pemikiran siswa sebagai panduanketika merancang instruksi. Proses berpikir relasional tidak hanya berfokus pada cara mendapatkan jawaban semata saja namun proses untuk meningkatkan pemikiran siswa itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes berjumlah empat puluh soal yang disesuaikan dengan pelevelan dalam proses berpikir relasional. Pengambilan sampel dilaksanakan menggunakan teknik purposive sampling. Oleh sebab itu, sejumlah 11 siswa kelas III dari SD Negeri Bukur menjadi kelompok eksperimen dan 17 siswa kelas III dari SD Negeri Ringgit menjadi kelompok kontrol. Pelaksanaan uji validitas dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis validitas dilaksanakan untuk menguji instrumen soal dengan hasil rtabel 0,304. Kemudian, analisis reliabilitas digunakan untuk mengetahui apakah instrumen soal reliabel. Analisis reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan nilai reliabilitasnya Alpha = 0,924. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI) pada siswa kelas III SD Negeri Bukur berada pada kategori “cukup efektif” dengan persentase 66%. Kategori tersebut diartikan bahwa penerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI) cukup efektif dalam meningkatkan pemikiran relasional siswa kelas III. Kata kunci: Cognitively Guided Instruction (CGI), Pemikiran Relasional (relational thinking), Sekolah Dasar, Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:49
Last Modified: 18 Nov 2024 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84321

Actions (login required)

View Item View Item