Dewanty, Deannisa Ervina (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_DEANNISA ERVINA DEWANTY_20108241051.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan terhadap media pembelajaran pada pembelajaran IPAS materi keragaman budaya bagi peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline yang layak digunakan pada materi keragaman budaya untuk peserta didik kelas IV SD Negeri Kotagede 5; (2) menghasilkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline yang praktis digunakan pada materi keragaman budaya untuk peserta didik kelas IV SD Negeri Kotagede 5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan 4D (Four-D Models) yang dikembangkan Thiagarajan, Semmel, (1974). Model 4D memiliki 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, karena keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai tahap development (pengembangan). Penelitian dilakukan di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta dengan subjek uji coba awal 8 peserta didik dan subjek uji coba kuantitatif 28 peserta didik. Kelayakan produk multimedia interaktif diperoleh dari penilaian ahli materi dan ahli media. Sedangkan kepraktisan diperoleh dari penilaian pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada materi keragaman budaya yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas IV. Hal tersebut didasarkan pada perolehan hasil validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,46 termasuk kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,6 termasuk kategori “sangat layak”. Hasil penilaian pendidik dengan skor rata-rata 4,9 termasuk kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba awal dengan skor rata-rata 4,55 termasuk kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba kuantitatif dengan skor rata-rata 4,48 termasuk kategori “sangat praktis”. Kata Kunci: articulate storyline, kelas IV SD, keragaman budaya, media pembelajaran, multimedia interaktif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:23 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |