Rahmawati, Ardiani Putri (2024) ANALISIS DAN KOMPARASI BUKU TEKS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN SINGAPURA DALAM MENGEMBANGKAN PENALARAN SPASIAL SISWA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI ARDIANI PUTRI LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripskan buku teks Matematika Indonesia dan Singapura ditinjau dari karakteristik umum penyajian buku teks, komponen penalaran spasial, dan kognitif soal-soal spasial. Komponen penalaran spasial terbagi dalam konstruk rotasi mental, orientasi spasial, dan visualisasi spasial. Kognitif soal terdiri atas tuntutan kognitif, bentuk jawaban, dan fitur kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan analisis perbandingan buku teks Matematika Indonesia yakni Matematika untuk SD/MI yang mengacu pada Kurikulum Merdeka dan buku Matematika SD di Singapura yakni My Pals Are Here Math 3rd Edition Pupil’s Book. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan pengkodean terhadap buku. Peneliti menggunkaan teknik analisis data secara horizontal dan vertical untuk mengetahui bagaimana latar belakang buku dan konstruk penalaran spasial yang disajikan dalam kognitif soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks matematika Indonesia secara halaman lebih banyak daripada buku teks matematika Singapura. Buku teks matematika Indonesia dan Singapura paling banyak didominasi oleh kategori konstruk visualisasi spasial. Ada 1 buku teks matematika dari Singapura yang memiliki keterwakilan ketiga konstruk penalaran spasial. Kemudian dalam hal tuntutan kognitif, buku teks matematika Indonesia memiliki kelengkapan pada setiap jenis bentuk tuntutan kognitif. Jika ditinjau dari low-high cognitive demand, kedua buku teks matematika memiliki persentase low-cognitive demand lebih banyak. Dari kategori bentuk jawaban, kedua buku teks didominasi bentuk jawaban tertutup, Untuk fitur kontekstual, kedua buku teks didominasi non aplikasi. Secara komponen penalaran spasial, buku teks matematika Singapura lebih proporsional dibandingkan buku teks matematika Indonesia. Sedangkan dilihat dari kognitif soal, kedua buku teks masih belum proporsional. Kata Kunci: Indonesia, Kognitif Soal, Penalaran Spasial, Perbandingan Buku Teks, Singapura
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |