Yasin, Zalza Yulvinda (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran PJOK SMK Negeri Se-Kabupaten Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_zalza yulvinda yasin_20601244041.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
fulltext_zalza yulvinda yasin_20601244041.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Negeri se-Kabupaten Klaten menggunakan teknik simple random sampling untuk menentukan sampel sehingga diperoleh 6 SMK Negeri di Kabupaten Klaten dan melibatkan 12 guru PJOK sebagai responden. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non test berupa angket/kuesioner yang sudah melewati tahapan validasi oleh pakar dan uji reliabilitas yang dilakukan dengan hasil reliabilitas sebesar 0,96. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) evaluasi Context implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 3,76; (2) evaluasi Input implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri seKabupaten Klaten termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 3,71; (3) evaluasi Process implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 3,60 (4) evaluasi Product implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 3,69. Hasil keseluruhan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 3,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar mata pelajaran PJOK di SMK Negeri seKabupaten Klaten berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, kurikulum merdeka belajar, PJOK |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |