IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI 3 BROSOT GALUR KULON PROGO

Azizah, Luthfi Nur (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI 3 BROSOT GALUR KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Luthfi Nur Azizah_18108241172.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri 3 Brosot yang belum pernah diungkap sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 3 Brosot, Galur, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 3 Brosot dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengondisian. Karakter yang dicapai melalui kegiatan rutin diantaranya: religius, disiplin, jujur, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Karakter yang dicapai melalui kegiatan spontan antara lain: religius, disiplin, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Karakter yang dicapai melalui keteladanan diantaranya: disiplin, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, mandiri, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Karakter yang dicapai melalui pengondisian antara lain: religius, disiplin, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Kemudian faktor penghambat yang dihadapi berasal dari faktor lingkungan keluarga, yaitu berupa kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan anak, minimnya pendampingan orang tua terhadap kegiatan anak dan belum maksimalnya pembiasaan penanaman karakter di lingkungan keluarga. Kata kunci: faktor penghambat, pendidikan karakter, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:34
Last Modified: 04 Nov 2024 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84158

Actions (login required)

View Item View Item