PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF PUZZLE AKU SUKA MEMBACA (KUKACA) UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 BLUNYAHAN, PENDOWOHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL

Rahayu, Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF PUZZLE AKU SUKA MEMBACA (KUKACA) UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 BLUNYAHAN, PENDOWOHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Dwi Rahayu_20108241073_Naskah Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan media edukatif puzzle KuKaCa untuk membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Blunyahan; (2) Mengetahui kelayakan media edukatif puzzle KuKaCa untuk membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Blunyahan; (3) Mengetahui kepraktisan media edukatif puzzle KuKaCa untuk membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Blunyahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Produk yang dihasilkan adalah media edukatif puzzle KuKaCa untuk membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Blunyahan dengan subjek uji coba 30 siswa dan 1 guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media edukatif puzzle KuKaCa untuk membaca permulaan dikembangkan menggunakan model ADDIE; (2) Media edukatif puzzle KuKaCa dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi yang mendapatkan skor rata-rata 4,4375 dan hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,3. (3) Media edukatif puzzle KuKaCa dinyatakan praktis berdasar hasil uji coba media oleh guru pada tahap small group trial mendapatkan persentase skor 94,545% dan pada tahap field trial mendapatkan persentase skor 96,363%. Hasil uji coba media oleh siswa pada tahap one-to-one trial mendapatkan persentase skor 91,67%, pada tahap small group trial mendapatkan persentase skor 99,17%, dan pada tahap field trial mendapatkan persentase skor 96,94% sehingga dapat disimpulkan bahwa media edukatif puzzle Aku Suka Membaca dapat digunakan untuk membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Blunyahan. Kata Kunci: Media Edukatif, Puzzle Aku Suka Membaca, Membaca Permulaan, SD Negeri 2 Blunyahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:26
Last Modified: 04 Nov 2024 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84157

Actions (login required)

View Item View Item