PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEANEKARAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rina Andadari, Respati Yuniati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEANEKARAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Respati Yuniati Rina Andadari_20108244108_Tugas Akhir Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penggunaan media dalam pelaksanaan pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih antusias dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Namun, saat ini masih ada guru yang belum menggunakan media pembelajaran karena jumlah media pembelajaran masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Scratch yang layak dan praktis digunakan pada mata pelajaran IPAS materi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Tahap pengembangan yang dilakukan meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V di SD Negeri Salaman 1, SD Negeri Salaman 3, SD Negeri Beteng, SD Negeri Ngadirejo, dan SD Negeri Kebonrejo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan aplikasi Scratch pada materi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia layak dan praktis digunakan pada pembelajaran IPS di kelas. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh skor ratarata 4,28 dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi media yang memperoleh skor rata-rata 4,82 dengan kategori “sangat layak”. Hasil angket respon guru memperoleh skor rata-rata 4,96 dengan kategori “sangat praktis” dan hasil angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,77 dengan kategori “sangat praktis”. Kata Kunci: Aplikasi Scratch, Flora dan Fauna, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:40
Last Modified: 04 Nov 2024 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84155

Actions (login required)

View Item View Item