Khusna, Nashikhatul (2024) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL ANTARTEMAN DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SEGUGUS V KECAMATAN UMBULHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
FILE SKRIPSI_NASHIKHATUL KHUSNA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Interaksi sosial antarteman di sekolah merupakan salah satu bagian dalam perkembangan siswa. Interaksi sosial yang dijalin siswa juga memiliki peran dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial antarteman di sekolah dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Segugus V Kecamatan Umbulharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Peneliti mengumpulkan data penelitian dari 167 siswa menggunakan skala untuk mengukur variabel interaksi sosial antarteman dan dokumentasi nilai kognitif ulangan tengah semester genap siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar skala yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian hasil belajar siswa diambil dari teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel interaksi sosial antarteman dan hasil belajar siswa memperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,500. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasi juga menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi antara interaksi sosial dengan hasil belajar berada pada kategori cukup. Kata kunci : hasil belajar, interaksi sosial antarteman, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:32 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |