Perbedaan Keefektifan Antara Model Pembelajaran Simulator dengan Model Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Pada Pembelajaran Administrasi Server: Studi Eksperimen di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan

Pitoyo, Shidiq (2012) Perbedaan Keefektifan Antara Model Pembelajaran Simulator dengan Model Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Pada Pembelajaran Administrasi Server: Studi Eksperimen di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shidiq-pitoyo-10702259009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keefektifan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Administrasi Server berbasis simulator dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Administrasi Server dengan eksperimen terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design melibatkan sampel sebanyak 32 orang siswa SMK Negeri 1 Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik non-parametrik dengan teknik uji Mann Whitney U Test untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keefektifan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran Administrasi Server berbasis simulator dibandingkan dengan hasil belajar kelas yang diajar dengan model pembelajaran Administrasi Server eksperimen terbimbing. Hasil pengujian tersebut berupa harga Uhitung< Utabel (62,5< 66), maka keputusan H0 ditolak atau Ha diterima dengan nilai P= 0,013; Zscore= -2,482 dan Pvalue= 0,13 pada taraf signifikansi 0,05 (satu pihak) dengan mean ranks kelas berbasis simulator sebesar 20,59 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen terbimbing dengan mean ranks 12,41. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Administrasi Server berbasis simulator merupakan sebuah pilihan yang bermanfaat positif, memperluas ketersediaan sumber belajar dan dapat dikembangkan pada sekolah yang mempunyai keterbatasan sarana belajar untuk praktik, sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk memperoleh beragam sumber belajar yang bervariasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: eksperimen terbimbing, hasil belajar, simulator
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:54
Last Modified: 23 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item