PURWANTI, MUGIHANDAYANI (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA VIDEO DOKUMENTER “RIWAYAT” TransTV PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GONDANG SRAGEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-08201241028.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-08201241028.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08201241028.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08201241028.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08201241028.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada keterampilan menceritakan tokoh idola siswa ke1as VII SMP N 2 Gondang Sragen melalui media video dokumenter "RIWAYAT" TransTV. Media pembelajaran ini dipilih karena sesuai untuk meningkatkan keterarnpilan siswa dalam bercerita dan memotivasi siswa dalam pembelajaran bercerita. Subjek penelitian ini adalah siswa ke1as VIIE SMP N 2 Gondang Sragen . Objek pene1itian ini adalah keterampilan bercerita siswa kelas VIIE SMP N 2 Gondang, Sragen. Penelitian difokuskan pada permasalahan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran bercerita tentang tokoh idola, siswa yang masih membaca saat proses bercerita dan kurang bervariasinya media yang digunakan untuk pembelajaran menceritakan tokoh idola. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara, tes keterarnpilan bercerita siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratik, proses, dialogik, hasil) dan reliabilitas dengan menyajikan data asli berupa catatan lapangan, transkrip wawancara, angket, lembar observasi, lembar penilaian bercerita, dan foto kegiatan. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, secara proses pembelajaran menceritakan tokoh idola mengalami peningkatan yang signifIkan. Sebelum implementasi tindakan, siswa masih pasif dalam pembelajaran, konsentrasi dan fokus kurang, keberanian kurang, minat dan antusias kurang. Setelah implementasi tindakan, siswa menjadi aktif, keberanian meningkat, antuasias dan minat meningkat, dan siswa konsentrasi dan fokus selama proses pembelajaran berlangsung; kedua, secara produk, siswa dalam berbicara pada kemampuan menceritakan tokoh idola meningkat, pada saat pratindakan dengan skor rata-rata kelas 55,24 dan pada akhir pelaksanaan tindakan yakni siklus II menjadi 73,52. Kemampuan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan sebesar 18,28.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 06:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8413 |
Actions (login required)
View Item |