ANALISIS KESALAHAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GEDONGKIWO TAHUN AJARAN 2023/2024

Kuswardhani, Dian (2024) ANALISIS KESALAHAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GEDONGKIWO TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Dian Kuswardhani_20108244036_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kesalahan dalam Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gedongkiwo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan penulisan huruf tegak bersambung pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2023/2024, (2) mengidentifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan dalam keterampilan menulis huruf tegak bersambung pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Gedongkiwo yang berjumlah sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi dokumenter. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman studi dokumenter. Teknik analisis data mmenggunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji credibility. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan dalam penulisan huruf tegak bersambung yang diklasifikasikan menjadi lima jenis kesalahan. Presentase kesalahan peserta didik kelas IV SD Negeri Gedongkiwo dalam keterampilan menulis huruf tegak bersambung yaitu: (1) kesalahan formasi atau bentuk huruf sebanyak 50,57%, (2) kesalahan jarak antar huruf dan kata sebanyak 35,79%, (3) kesalahan posisi huruf sebanyak 1,14%, (4) kesalahan keterbacaan tulisan sebanyak 6,25%, dan (5) kesalahan kerapian tulisan sebanyak 6,25%. Sehingga didapatkan kesalahan yang paling sering dilakukan peserta didik yaitu kesalahan dalam formasi atau bentuk huruf sebanyak 50,57%. Faktor penyebab kesalahan yang disebabkan oleh peserta didik meliputi kurang menguasai kaidah menulis huruf tegak bersambung, kurang hafal bentuk huruf tegak bersambung, belum seluruhnya menggunakan buku tulis halus lima baris, tergesa-gesa dalam menulis, kurangnya latihan, penggunaan alat tulis yang tidak sesuai, dan kurang memperhatikan penggunaan baris pada buku tulis halus. Sedangkan faktor penyebab yang disebabkan oleh guru dan pihak sekolah meliputi guru kurang menekankan berdasarkan aspek keterampilan menulis, dan fasilitas belajar yang kurang memadai. Penelitian ini menunjukkan pentingnya perhatian pada metode pengajaran dan fasilitas untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung. Kata Kunci: analisis, huruf tegak bersambung, faktor penyebab kesalahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:05
Last Modified: 01 Nov 2024 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84128

Actions (login required)

View Item View Item