Analisis Efek Kualitas Layanan dan Lingkungan Latihan Terhadap Loyalitas Peserta Sekolah Sepak Bola DIY Melalui Mediator Kepuasan

Purba, Tri Fandes (2024) Analisis Efek Kualitas Layanan dan Lingkungan Latihan Terhadap Loyalitas Peserta Sekolah Sepak Bola DIY Melalui Mediator Kepuasan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tri fandes purba_22632251007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji efek kualitas layanan terhadap kepuasan di sekolah sepak bola DIY, (2) menguji efek lingkungan latihan terhadap kepuasan di sekolah sepak bola DIY, (3) mengetahui efek kualitas layanan terhadap lingkungan latihan di sekolah sepak bola DIY, (4) mengetahui efek kulitas layanan terhadap loyalitas peserta di sekolah sepak bola, (5) mengetahui efek lingkungan latihan terhadap loyalitas peserta di sekolah sepak bola DIY, (6) mengetahui efek kepuasan terhadap loyalitas peserta di sekolah sepak bola DIY, (7) mengetahui efek kualitas layanan, lingkungan latihan, kepuasan peserta terhadap loyalitas di sekolah sepak bola DIY Subjek dalam penelitian ini adalah peserta sekolah sepak bola di Daerah Istimewa Yogjakarta berjumlah 251 responden. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan instrument yang di gunakan berupa skala kuesioner yang terbagi menjadi 4 skala yaitu skala kualitas layanan, skala lingkungan latihan,skala loyalitas, skala kepuasan. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Analysis Of Moment Structure (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan di Sekolah Sepak Bola DIY. Kualitas layanan, terbukti secara langsung meningkatkan kepuasan dengan nilai β sebesar 0.410 dan p < 0.005. Selain itu, lingkungan latihan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai β sebesar 0.321 dan p < 0.005. Kualitas layanan dan lingkungan latihan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kualitas layanan dengan nilai β sebesar 0.410 dan lingkungan latihan dengan nilai β sebesar 0.321 saling mendukung dalam meningkatkan kepuasan dengan p < 0.005 untuk keduanya. Selanjutnya, kualitas layanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta dengan nilai β sebesar 0.443 dan p < 0.005. Lingkungan latihan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta secara langsung dengan nilai β sebesar 0.236 dan p < 0.005. Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai β sebesar 0.231 dan p < 0.005. Terakhir, kualitas layanan, lingkungan latihan, dan kepuasan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta. Kualitas layanan dengan nilai β sebesar 0.443, lingkungan latihan dengan nilai β sebesar 0.236, dan kepuasan peserta dengan nilai β sebesar 0.231, terbukti meningkatkan loyalitas peserta secara signifikan dengan p < 0.005 untuk semuanya. Temuan ini menyoroti pentingnya manajemen Sekolah Sepak Bola DIY dalam meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan latihan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas peserta.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, lingkungan latihan, loyalitas, kepuasan, sekolah sepak bola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:35
Last Modified: 04 Feb 2025 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84123

Actions (login required)

View Item View Item