PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO MELALUI STRATEGI CAN DO PADA SISWA KELAS IX E SMP NEGERI 1 TRUCUK KABUATEN KLATEN

PERDANA SURIA, DINATA (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO MELALUI STRATEGI CAN DO PADA SISWA KELAS IX E SMP NEGERI 1 TRUCUK KABUATEN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08201244033.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08201244033.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08201244033.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08201244033.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08201244033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpidato dengan menggunakan strategi CAN DO pada siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Trucuk, Kabupaten Klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Trucuk, Kabupaten Klaten yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan pidato siswa yang mencakup proses dan hasil. Model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan penelitian ada empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, tes, dan wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan proses dan produk. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (hasil, proses, demokratis, dan dialogis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berpidato dengan menggunakan strategi CAN DO dapat meningkatkan keterampilan berpidato pada siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Trucuk, Kabupaten Klaten. Peningkatan pembelajaran siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika praktik pidato, sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan tidak membosankan bagi siswa. Peningkatan proses berpengaruh terhadap peningkatan masing-nasing aspek yang menjadikan hasil pidato lebih baik dari pratindakan hingga siklus II. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor dan nilai rata-rata dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Total nilai tertinggi semua aspek sebesar 35. Rata-rata skor dan nilai pada saat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 10,85 atau 31%; ratarata skor dan nilai pada siklus I sebesar 17,91 atau 51,11%; dan pada siklus II sebesar 29,88 atau 83%. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 19,03.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item