PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA/MA

Rahmat , Basuki (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bagian depan.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08303241015.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08303241015.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08303241015.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08303241015.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan instrumen penilaian portofolio untuk mata pelajaran kimia kelas X semester 2 SMA/MA dan menentukan kualitas dari instrumen penilaian portofolio yang dikembangkan ditinjau dari aspek umum, pendekatan penulisan, kedalaman dan keluasan, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi dan tampilan menyeluruh berdasarkan penilaian 5 pendidik kimia SMA/MA. Model pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural yang diadaptasi dari model Borg & Gall, yaitu model pengembangan yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk dalam pengembangan ini berupa instrumen penilaian portofolio untuk peserta didik dan petunjuk penilaian portofolio untuk pendidik. Produk awal dikaji oleh peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk akhir dinilai oleh reviewer, yaitu 5 pendidik kimia SMA/MA. Jenis data dalam pengembangan ini berupa data proses pengembangan produk yang digunakan untuk merevisi produk awal dan data kualitas produk hasil penilaian reviewer yang dianalisis berdasarkan standar penilaian relatif (ideal). Tahapan pengembangan instrumen penilaian portofolio adalah (1) perencanaan dan pembuatan (2) pengkajian oleh ahli materi dan ahli media, (3) penilaian oleh reviewer (guru SMA/MA). Kualitas instrumen penilaian portofolio berdasarkan penilaian oleh reviewer pada aspek umum, pendekatan penulisan, kedalaman dan keluasan, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi, dan tampilan menyeluruh adalah sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 4,52 pada skala 5. Kata Kunci: pengembangan, instrumen penilaian portofolio, kimia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen penilaian portofolio, kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item