PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER 1 DENGAN PENDEKATAN REALISTIK

Reni Nur , Aini (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER 1 DENGAN PENDEKATAN REALISTIK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER-07301244036.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1-07301244036.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB2-07301244036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB5 -07301244036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN RENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat berfikir siswa SMP kelas 1 yang masih belum dapat berfikir abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran berupa LKS matematika pecahan untuk siswa SMP kelas VII semester 1 dengan pendekatan realistik yang memiliki kualifikasi baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) , pada pelaksanaannya pengembangan ini dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Tahap-tahap dalam pengembangan LKS yaitu: (1) Analisis, yang meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2) Desain, yaitu merancang prototipe LKS sesuai dengan hasil analisis dan merancang desain RPP sebagai pendukung dalam penggunaan LKS yang dikembangkan (3) Pengembangan, yang meliputi pengembangan LKS dan RPP sera penilaian kualitas LKS dan RPP. Proses penilaian kualitas LKS dan RPP dilakukan oleh 3 dosen ahli dari Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu dilakukan juga tes keterbacaan yang dilaksanakan secara terbatas dengan sampel acak 10 siswa dari kelas VIIA, VIIB, VIIC SMP N 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian LKS dari sisi media, penilaian LKS dari sisi materi dan pengajaran, instrumen penilaian RPP, dan instrumen untuk tes keterbacaan. Penilaian terhadap instrumen yang dikembangkan adalah dengan expert judgement. Hasil prototipe LKS yang didasarkan pada hasil analisis dan hasil penilaian ahli media dan ahli materi terhadap LKS yang dikembangkan terdiri dari penyajian masalah kontekstual yang disajikan pada awal topik, memfasilitasi penyelesaian masalah kontekstual secara informal, penyajian pertanyaanpertanyaan yang membimbing siswa menemukan konsep secara formal, petunjuk agar terjalin diskusi antar siswa, adanya petunjuk dan tempat bagi siswa untuk memberikan kesimpulan sesuai pemahaman siswa, dan penyajian persoalan terbuka. Dari hasil penilaian ahli, terhadap LKS yang dikembangkan diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 87,334% dengan kategori baik. Dari tes keterbacaan diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 92,26% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item