HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN KALIANGKRIK 1 KABUPATEN MAGELANG

Pujiyati, Anisa (2024) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN KALIANGKRIK 1 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI_ANISA PUJIYATI_PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Kaliangkrik 1 Kabupaten Magelang; (2) mengetahui mengetahui hubungan antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Kaliangkrik 1 Kabupaten Magelang; dan (3) mengetahui mengetahui hubungan antara kedisiplinan dan kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Kaliangkrik 1 Kabupaten Magelang Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kaliangkrik 1 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 32 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan dan kepercayaan diri serta nilai hasil belajar bahasa Indonesia siswa. uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan korelasi item total terkoreksi. uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji Korelasi sebagai berikut. (1) Nilai signifikansi correlation 0.000<0.05 maka dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Serta Rhitung sebesar 0.697 dapat dinyatakan terdapat hubungan positif; (2) Sedangkan, hasil analisis secara statistik menggunakan uji Korelasi Product Moment Pearson antara kepercayaan diri dan hasil belajar menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi correlation 0.000<0.05 maka dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil Rhitung sebesar 0.703 sehingga dinyatakan terdapat hubungan positif; dan (3) nilai Sig F Change sebesar 0.000<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kedisiplinan dan kepercayaan diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia secara simultan. Kata kunci: Kedisiplinan, kepercayaan diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:17
Last Modified: 25 Oct 2024 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83979

Actions (login required)

View Item View Item