EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STAD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KAPANEWON PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Azizah, Ika Nur (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STAD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KAPANEWON PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Ika Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran teams games tournament dengan model pembelajaran STAD yang digunakan pada muatan pembelajaran materi IPS ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas V SD Se-Gugus V Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan bentuk pretest-post-test group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Gugus V Kapanewon Playen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel dari kelas V SDN Banaran I sebagai kelompok eksperimen I berjumlah 19 peserta didik dan kelas V SDN Ngleri sebagai kelompok eksperimen II berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament lebih efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD SeGugus V Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai │thitung│= 0,731 < ttabel = 2,021 dengan signifikansi sebesar 0,469 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Rata-rata pretest kelompok eksperimen I sebesar 68,47 sementara rata-rata posttest 69,84 sedangkan rata-rata pretest kelompok eksperimen II sebesar 67,87 sementara rata-rata posttest 68,65. Hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi daripada model STAD. Kata kunci: Efektivitas, TGT, STAD, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:37
Last Modified: 23 Oct 2024 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83958

Actions (login required)

View Item View Item