Phafiandita, Adisna Nadia (2024) PENINGKATAN PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS III DI SD KALIDADAP, IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Adisna Nadia Phafiandita.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas III menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SD Kalidadap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan skala. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata percaya diri siswa kelas III minimal mencapai persentase sebesar 75% yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Kegiatan pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dilakukan dengan menerapkan langkah persiapan, pembentukan kelompok, diskusi masalah, mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas III SD Kalidadap dapat ditingkatkan melalui model Think Pair Share. Peningkatan percaya diri dapat dilihat dari hasil skala. Hasil skala menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,10% dari siklus I sebesar 71,55% meningkat di siklus II menjadi 82,65%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas III di SD Kalidadap. Kata kunci : percaya diri, model Think Pair Share
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |