PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH JENANG KEC. MAJENANG KAB. CILACAP ii

Zaidah, Nabila Humaira (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH JENANG KEC. MAJENANG KAB. CILACAP ii. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nabila Humaira Zaidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis elektronik yang layak dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Adapun langkah pengembangan terdiri atas: 1) define; 2) design; 3) delevop; dan 4) disseminate. Pada tahap develop dilakukan validasi ahli materi dan ahli media. Kemudian dilakukan uji kepraktisan menurut respon guru dan siswa. Subjek uji coba yaitu, 6 siswa pada uji coba terbatas, dan 15 siswa pada uji coba implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket serta tes berupa soal. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan. Hal ini dibuktikan melalui: 1) hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,3 (sangat layak); 2) hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,78 (sangat layak); 3) hasil uji respon guru mendapatkan skor rata-rata 3,57 (sangat praktis); 4) hasil uji coba terbatas mendapatkan presentase skor 95% (sangat praktis); 5) hasil uji coba implementasi mendapatkan presentase skor 96% (sangat praktis). Hasil analisis data tes siswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis elektronik memperoleh rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,75 dan rata-rata nilai posttest siswa sebesar 85. Hal tersebut menggambarkan terjadinya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi. Kata kunci: Bahan Ajar, elektronik, operasi hitung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:21
Last Modified: 23 Oct 2024 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83956

Actions (login required)

View Item View Item