IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI DI SD NEGERI BLUMBANG KULON PROGO

Ramadzani, Vila Suvia (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI DI SD NEGERI BLUMBANG KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Vila Suvia Ramadzani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Program Gerakan literasi Sekolah di SDN Blumbang Kulon Progo, pelaksnaan program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Blumbang Kulon Progo tentu memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Blumbang dari Januari sampai Februari 2023. Sumber data yaitu Narasumber (Informan), Peristiwa, Lokasi, dan Dokumen atau Arsip. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermasn tahun 2014 yaitu konduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Serta dilakukan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: 1) bahwa perencanaan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN Blumbang tertulis pada SK No 39/2022 yang berisi tentang Susunan Tim Gerakan Literasi SDN Blumbang Tahun 2022/2023, 2) pelaksanaan gerakan lietrasi sekolah di SDN Blumbang terdapat 3 tahapan yaitu tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pembelajaran, Yang pertama untuk tahap pembiasaan merupakan tahap awal dengan kegiatan 15 menit membaca, menulis catatan harian literasi, keterlibatan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah, adanya perpustakaan dan sudut baca kelas, adanya poster-poster, adanya kebun sekolah, kantin, dan UKS, dan melibatkan publik. Yang kedua untuk tahap pengembangan dengan kegiatan membaca 15 menit, menanggapi buku pengayaan, koleksi buku pengayaan, apresiasi capaian literasi, dan ada tim literasi sekolah. Yang ketiga untuk tahap pembelajaran kemampuan siswa dalam literasi melalui buku pengayaan dalam pembelajaran, adanya strategi membaca, menanggapi bacaan dalam bentuk kegiatan, pembelajaran di luar kelas, dan penghargaan akademik.3) evaluasi adalah factor pendukung dan factor penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi di SDN Blumbang. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, faktor pendukung dan penghambat, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:17
Last Modified: 23 Oct 2024 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83951

Actions (login required)

View Item View Item