PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR BUSANA PESTA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

PURWOSIWI, PANDANSARI (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR BUSANA PESTA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-08513241019.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08513241019.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08513241019.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08513241019.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08513241019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kreativitas menggambar busana pesta sebelum menggunakan media diorama pada mata pelajaran menggambar busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. 2) mengetahui kreativitas mengambar busana pesta setelah menggunakan media diorama pada mata pelajaran menggambar busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap Kreativitas menggambar busana pesta di SMK KaryaRini Yogyakarta. Metode penelitian ini termasuk jenis eksperimen, menggunakan pretestpostest one group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 di SMK Karya Rini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja berupa penilaian unjuk kerja. Instrumen disusun kemudian dicari validitasnya melalui rekomendasi ahli (judgement expert) yang dinyatakan layak digunakan sebagai penelitian, untuk penelitian unjuk kerja dilakukan uji validitas dengan antarrate . Uji reliabilitas untuk penilaian unjuk kerja menggunakan Alpa Cronbach diperoleh r = 0,763. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap kreativitas menggambar busana pesta siswa kelas XI di SMK Karya Rini. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kreativitas menggambar busana pesta siswa sebelum menggunakan media diorama sebesar 94% atau 29 siswa dengan katagori cukup kreatif, 6% atau 2 siswa dengan katagori kreatif nilai terendah yang di peroleh 17 nilai tertinggi 26 dengan rata-rata 20.83871. 2) kreativitas menggambar busana pesta setelah menggunakan media diorama sebesar 100% atau 31 siswa dengan katagori kreatif. Nilai terendah yang diperoleh sebesar 26 dan nilai tertinggi sebesar 31 dengan rata-rata 28.19354. 3) adak pengaruh penggunaan media diorama terhadap kreativitas menggambar busana pesta ditunjukan oleh hasil uji t sebesar t= 16.084 dan p = 0,000, karenanilai p <0,05. Hal ini menujukan bahwa 16.084 (16%) kreativitas menggambar busana pesta siswa kelas XI SMK Karya Rini dipengaruhi oleh media diorama. Kata kunci : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kreativitas menggambar busana pesta sebelum menggunakan media diorama pada mata pelajaran menggambar busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. 2) mengetahui kreativitas mengambar busana pesta setelah menggunakan media diorama pada mata pelajaran menggambar busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap Kreativitas menggambar busana pesta di SMK KaryaRini Yogyakarta. Metode penelitian ini termasuk jenis eksperimen, menggunakan pretestpostest one group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 di SMK Karya Rini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja berupa penilaian unjuk kerja. Instrumen disusun kemudian dicari validitasnya melalui rekomendasi ahli (judgement expert) yang dinyatakan layak digunakan sebagai penelitian, untuk penelitian unjuk kerja dilakukan uji validitas dengan antarrate . Uji reliabilitas untuk penilaian unjuk kerja menggunakan Alpa Cronbach diperoleh r = 0,763. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap kreativitas menggambar busana pesta siswa kelas XI di SMK Karya Rini. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kreativitas menggambar busana pesta siswa sebelum menggunakan media diorama sebesar 94% atau 29 siswa dengan katagori cukup kreatif, 6% atau 2 siswa dengan katagori kreatif nilai terendah yang di peroleh 17 nilai tertinggi 26 dengan rata-rata 20.83871. 2) kreativitas menggambar busana pesta setelah menggunakan media diorama sebesar 100% atau 31 siswa dengan katagori kreatif. Nilai terendah yang diperoleh sebesar 26 dan nilai tertinggi sebesar 31 dengan rata-rata 28.19354. 3) adak pengaruh penggunaan media diorama terhadap kreativitas menggambar busana pesta ditunjukan oleh hasil uji t sebesar t= 16.084 dan p = 0,000, karenanilai p <0,05. Hal ini menujukan bahwa 16.084 (16%) kreativitas menggambar busana pesta siswa kelas XI SMK Karya Rini dipengaruhi oleh media diorama. Kata kunci : Kreativitas, Media Diorama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Media Diorama
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8394

Actions (login required)

View Item View Item