PENGARUH STRATEGI PARODI LAGU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAWIT BANTUL

Angraheni, Finalismi Dwi (2024) PENGARUH STRATEGI PARODI LAGU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAWIT BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Finalismi Dwi Angraheni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan strategi parodi lagu terhadap minat belajar siswa pada muatan Matematika kelas III SD Negeri Sawit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre- experimental Design, one group pretest-posttest. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh seluruh siswa kelas III SD Negeri Sawit dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan angket dengan skala Likert. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan skala minat belajar pada muatan Matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Temuan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan strategi parodi lagu tehadap minat belajar siswa pada muatan Matematika kelas III SD Negeri Sawit. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “Terdapat Pengaruh Penggunaan Strategi Parodi Lagu Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Kelas III SD Negeri Sawit”. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Parodi Lagu, Minat Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:02
Last Modified: 23 Oct 2024 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83933

Actions (login required)

View Item View Item