PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN PIZZA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Faizah, Muna Nur (2024) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN PIZZA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Muna Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media pizza pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Pandes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sampel sebanyak 65 siswa yang terdiri atas 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan RME berbantuan pizza pecahan, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan realistic mathematic education (RME) berbantuan pizza pecahan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil uji Paired Sample T Test kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 0,021 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,021<0,05). Selanjutnya, hasil uji Independent Sample T Test pada posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,038 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,038<0,05), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan pendekatan RME berbantuan pizza pecahan dengan pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan guru. Hal tersebut ditunjukkan dengan mean posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (80,09>71,76) dengan selisih 8,33. Kata kunci: Realistic Mathematic Education (RME), Pizza Pecahan, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 00:54
Last Modified: 23 Oct 2024 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83928

Actions (login required)

View Item View Item