PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA” UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Rizqi, Annisa Kurnia (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA” UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Annisa Kurnia Rizqi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa multimedia interaktif ”Karakteristik Geografis Indonesia” yang layak digunakan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan peneliti yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan revisi uji coba lapangan utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di 5 sekolah di gugus 03 wilayah Imogiri yaitu SDN Ngasinan, SDN Wukirsari, SDN Imogiri, SDN Pundung, dan SDN Kalidadap.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan multimedia interaktif ”Karakteristik Geografis Indonesia” dinyatakan layak untuk pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar melalui beberapa proses validasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media yang memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,61 dari guru dengan kategori “Sangat Baik” dan memperoleh skor rata-rata 4,57 dari siswa dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan materi karakteristik geografis Indonesia dinyatakan layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: multimedia interaktif, karakteristik geografis Indonesia, siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 00:48
Last Modified: 23 Oct 2024 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83927

Actions (login required)

View Item View Item