STUDI ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DI SEKOLAH DASAR MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Azizah, Nazula Nur (2024) STUDI ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DI SEKOLAH DASAR MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nazula Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pendekatam social emotional learning di Sekolah Dasar model Gerakan Sekolah Menyenangkan, yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan social emotional learning di Sekolah Dasar model Gerakan Sekolah Menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I, kepala sekolah, dan peserta didik kelas I Sekolah Dasar model Gerakan Sekolah Menyenangkan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendekatan social emotional learning diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka dengan memerhatikan aspek kompetensi social emotional learning, yakni kesadaran diri, manajemen atau pengaturan diri, kesadaran sosial, menjalin relasi dan kerja sama, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab. (2) Pelaksanaan pendekatan social emotional learning di dalam pembelajaran kelas dirancang oleh guru kelas, seperti diskusi, pagi berbagi, pemberian bintang kebaikan, apresiasi, kesepakatan kelas, kerja kelompok, circle time, dan refleksi, sedangkan aktivitas pembelajaran di luar kelas terintegrasi pada agenda atau program pembiasaan sekolah. (3) Evaluasi pendekatan social emotional learning di Sekolah Dasar model Gerakan Sekolah Menyenangkan, meliputi: dampak perubahan karakter peserta didik dan keterlibatan orang tua. Kata kunci: social emotional learning, Gerakan Sekolah Menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 00:26
Last Modified: 23 Oct 2024 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83925

Actions (login required)

View Item View Item