Evaluasi Context, Input, Process, Product Kelas Atas Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Bantul Warung

Amanah, Anna Fahmi (2024) Evaluasi Context, Input, Process, Product Kelas Atas Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Bantul Warung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anna fahmi amanah_20604221078.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PJOK menggunakan model evaluasi CIPP (Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation) di Sekolah Dasar Negeri Bantul Warung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, serta 9 peserta didik kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran evaluasi model CIPP yaitu (1) Context Evaluation bahwa relevansi materi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013; (2) Input Evaluation bahwa latar belakang guru PJOK sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 serta sarana dan prasarana tidak sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008; (3) Process Evaluation sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016; (4) Product Evaluation bahwa 9 peserta didik memenuhi nilai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: context, input, process, product, evaluasi, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:02
Last Modified: 06 Nov 2024 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83914

Actions (login required)

View Item View Item