Pengembangan Multimedia Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web Pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Anggraeni, Raden Roro Widya Puspita (2012) Pengembangan Multimedia Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web Pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-raden-roro-widya-puspita-anggraeni-10707251022.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang layak dan memenuhi kaidah pengembangan sesuai dengan tujuan pembelajaran, kurikulum yang berlaku, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Teknologi Pendidikan pada Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web. 2) mengetahui efektivitas Multimedia Pembelajaran yang diterapkan pada mata kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web untuk mahasiswa Prodi S1Teknologi Pendidikan berupa tingkat penguasaan kompetensi mata kuliah yang diwujudkan dalam skor tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal, maka pada tahap pengembangan selanjutnya produk dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari Alpha Test, Beta Test I dan Beta Test II. Pada tahap akhir produk dilakukan evaluasi sumatif utnuk mengetahui efektivitas produk berupa tingkat penguasaan kompetensi mata kuliah yang diwujudkan dalam skor tes hasil belajar. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa semester VI Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 6 mahasiswa pada uji coba Beta Test I dan 24 mahasiswa pada uji coba Beta Test II. Sedangkan pada evaluasi sumatif pada uji efektivitas produk melibatkan 18 mahasiswa. Data yang dikumpulkan adalah data ahli materi, data ahli media, dan dari mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen evaluasi produk untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa serta instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi mata kuliah yang diwujudkan dalam skor tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan multimedia melalui tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Kelayakan produk pada aspek pembelajaran diperoleh skor 4,18 (kategori baik), aspek materi/isi diperoleh skor 4,30 (kategori sangat baik), aspek pemrograman/teknis sebesar 4,06 (kategori baik) dan aspek tampilan diperoleh skor 4,36 (kategori sangat baik), 2) hasil belajar mahasiswa pada saat pretest diperoleh rerata sebesar 5,11 sedangkan hasil belajar mahasiswa pada posttest diperoleh rerata sebesar 7,33. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh N-gain sebesar 0,85 dan tergolong klasifikasi tinggi. Berdasarkan N-Gain yang tergolong tinggi maka multimedia pembelajaran yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi pada mata kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, efektivitas pembelajaran, e-learning berbasis web
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:51
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item