Aliya, Anisa Nur (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH NGIJON 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
Anisa Nur Aliya.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berbasis karakter peduli lingkungan yang layak digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan siswa kelas II SD Muhammadiyah Ngijon 1 Sleman. Penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter peduli lingkungan in menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahapan yaitu: pengumpulan data, perencanaan penelitian, pengembangan produk, validasi desain dan uji coba terbatas, revisi hasil uji lapangan terbatas, uji coba produk secara luas, revisi hasil uji lapangan lebih luas. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 19 siswa di SD Muhammadiyah Ngijon 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan angket respon. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media buku cerita bergambar berbasis karakter peduli lingkungan dinyatakan layak dari uji validasi oleh tiga validator yaitu diperoleh rata-rata skor 4,03 dengan kategori “Layak”. Perolehan rata-rata skor angket penilaian siswa sebesar 4,54 dengan kategori “Sangat Layak”. Angket respon guru diperoleh rata-rata skor 4,50 dengan kategori “Sangat Layak”. Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Karakter Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83906 |
Actions (login required)
View Item |