PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS MINOMARTANI KAPANEWON NGAGLIK

Salsabila, Melinda Aulia (2024) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS MINOMARTANI KAPANEWON NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Melinda Aulia Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh regulasi diri yang dapat memengaruhi kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh regulasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Minomartani Kapanewon Ngaglik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Minomartani Kapanewon Ngaglik yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala regulasi diri dan skala kemandirian belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri mayoritas tergolong sedang sebesar 29,27% dan kemandirian belajar siswa didominasi oleh kategori sedang sebesar 32,93%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh antara regulasi diri terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 13,544 > 1,990 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi diperoleh hasil 0,696 yang berarti regulasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 69,6% dan sisanya 30,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: regulasi diri, kemandirian belajar, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:28
Last Modified: 22 Oct 2024 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83905

Actions (login required)

View Item View Item