Thawafina, Hajar (2024) IDENTIFIKASI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Hajar Thawafina.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level berpikir geometri siswa SD Negeri Sawit tahun 2022/2023 berdasarkan teori Van Hiele. Selain itu, penelitian ini dapat menambah literatur terkait level berpikir geometri di sekolah dasar yang ditinjau berdasarkan keseluruhan, jenjang kelas, dan gender Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan observasi, tes, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek yang digunakan adalah siswa sekolah dasar kelas I-V tahun 2022/2023 yang berjumlah 81 siswa. Level berpikir geometri siswa diukur berdasarkan teori Van Hiele. Instrumen tes yang digunakan diadopsi dari penelitian Usiskin pada tahun 1982 dan telah divalidasi oleh ahli validator. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 23,46% dari 81 siswa lulus pada tahap 1, sebanyak 2,47% berada pada tahap 2, sebanyak 85,19% siswa lulus pada tahap 0, dan terdapat 14,81% siswa dikelompokkan dalam kategori no fit. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa level berpikir geometri Van Hiele siswa SD Negeri Sawit sebagian besar berada pada tahap 0 atau belum memasuki tahap berpikir geometri teori Van Hiele dan tingkat tertinggi yang dapat dicapai adalah tahap 2 (tahap analisis) berpikir geometri Van Hiele. Berdasarkan jenjang kelas, tahap berpikir geometri yang dicapai oleh siswa kelas I sampai dengan kelas IV menunjukkan hasil yang sama, yakni berada pada tahap 0. Sedangkan siswa kelas V sebagian besar berada pada tahap 1 (tahap pengenalan) dan terdapat 10,53% siswa yang berada pada tahap 2 (tahap analisis) berpikir geometri Van Hiele. Siswa perempuan berada pada tahap berpikir geometri Van Hiele yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Kata kunci : identifikasi, geometri, Van Hiele, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |