HUBUNGAN INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N WOJO TAHUN AJARAN 2022/2023

Hidayati, Pipit (2024) HUBUNGAN INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N WOJO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Pipit Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD N Wojo tahun ajaran 2022/2023 semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan teknik korelasi. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling sejumlah 24 siswa kelas IV SD N Wojo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: skala intensitas perhatian orang tua dan nilai PAS matematika semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas perhatian orang tua memiliki korelasi positif terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.431 dan Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0.035 dengan kontribusi sebesar 18.6%. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0.05), maka dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel. Pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD N Wojo tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci: matematika, intensitas perhatian orang tua, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:22
Last Modified: 22 Oct 2024 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83902

Actions (login required)

View Item View Item