Hidayati, Pipit (2024) HUBUNGAN INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N WOJO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Pipit Hidayati.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD N Wojo tahun ajaran 2022/2023 semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan teknik korelasi. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling sejumlah 24 siswa kelas IV SD N Wojo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: skala intensitas perhatian orang tua dan nilai PAS matematika semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas perhatian orang tua memiliki korelasi positif terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.431 dan Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0.035 dengan kontribusi sebesar 18.6%. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0.05), maka dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel. Pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD N Wojo tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci: matematika, intensitas perhatian orang tua, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |