PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 BARUKAN KLATEN TAHUN 2022

Rohmah, Miftahur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 BARUKAN KLATEN TAHUN 2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Miftahur Rohmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran flash card membaca permulaan yang digunakan untuk pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Barukan Klaten Tahun 2022. Kelebihan media yaitu visual media yang penuh warna, bergambar menarik dan juga penggunaannya yang mudah. Media flash card ini adalah salah satu upaya yang dapat membantu siswa dalam belajar membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Tahapan yang digunakan peneliti adalah 1) tahap pengumpulan potensi dan masalah, 2) tahap pengumpulan data, 3) tahap desain produk, 4) tahap validasi produk, 5) tahap revisi produk, 6) tahap uji coba produk. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa kelas I dan subjek uji coba lapangan utama adalah 9 siswa kelas I SD Negeri 1 Barukan Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media flash card membaca permulaan dinyatakan layak melalui proses validasi materi dan media. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 3,8 dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi media mendaptkan skor rata-rata 3,9 dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba lapangan awal, peneliti mendaptkan skor rata-rata 4 dari respon siswa kelas I dan respon dari guru kelas dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba lapangan utama peneliti juga mendapatkan skor 4 dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi, media flash card membaca permulaan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia untuk membantu siswa dalam belajar membaca permulaan. Kata kunci: pengembangan media, flash card, membaca permulaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:20
Last Modified: 22 Oct 2024 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83901

Actions (login required)

View Item View Item