KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN

NURUL, FATIMAH (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241007.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08203241007.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08203241007.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08203241007.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08203241007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan teknik concept sentence lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pakem daripada teknik konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen pre-test post-test control group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yakni penggunaan teknik cooperative learning tipe concept sentence dan variabel terikat (Y) yakni keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pakem. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 141 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 peserta didik. Jumlah anggota sampel adalah 65 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis. Validitas penelitian menggunakan validitas isi serta validitas konstruk. Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan Alpha Cronbach sebesar r11=0,899. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan uji t menghasilkan nilai thitung (th) sebesar 5,214 dan nilai ttabel (tt) sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi (á) 0,05 dan df sebesar 63. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 12,3750 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 11,4242. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai peserta didik di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan teknik concept sentence lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman daripada dengan menggunakan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan teknik concept sentence dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:51
Last Modified: 05 Dec 2012 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item