Pengembangan Fitur E-Monitoring Pada Aplikasi Ethics-Q Berbasis Android Sebagai Media Penerapan Etika Pergaulan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Balirejo

Rahmawati, Sefi (2024) Pengembangan Fitur E-Monitoring Pada Aplikasi Ethics-Q Berbasis Android Sebagai Media Penerapan Etika Pergaulan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Balirejo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sefi Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Beberapa tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui prototipe fitur e-monitoring, mengetahui kelayakan fitur e-monitoring, serta mengetahui kepraktisan fitur e-monitoring dalam aplikasi Ethics-Q sebagai media penerapan etika pergaulan yang melibatkan siswa, orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini adalah 17 siswa SD Negeri Balirejo dan satu guru kelas 3 SD Balirejo. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa aplikasi Ethics-Q sebagai media untuk penanaman karakter nilai-nilai etika pergaulan bagi siswa SD. Hasil aplikasi Ethics-Q telah divalidasi ahli materi dengan skor 3,9 (dengan kategori “sangat layak”), sedangkan hasil validasi dari ahli media diperoleh skor 3,9 (dengan kategori “sangat layak”). Selanjutnya hasil respon pengguna pada uji coba terbatas diperoleh skor 3,5 (dengan kategori “sangat layak”). Kata kunci: Etika Pergaulan, Aplikasi, E-monitoring.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:54
Last Modified: 22 Oct 2024 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83887

Actions (login required)

View Item View Item