MENGKAJI KEYAKINAN SISWA SEKOLAH DASAR TERKAIT MATEMATIKA

Arifin, Pramita Putri (2024) MENGKAJI KEYAKINAN SISWA SEKOLAH DASAR TERKAIT MATEMATIKA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Pramita Putri Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan matematika siswa adalah keyakinan terkait matematika. Gambaran keyakinan yang dimiliki siswa adalah hal penting, namun di Indonesia belum banyak penelitian mengenai keyakinan matematika di sekolah dasar dan sehubungan dengan jenjang kelas dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil umum keyakinan siswa sekolah dasar terkait matematika dan sehubungan dengan jenjang kelas dan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplorasi. Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling sejumlah empat siswa. Data diperoleh menggunakan analisis gambar, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) profil umum keyakinan siswa sekolah dasar terkait matematika keempat subjek penelitian dalam aspek keyakinan tentang pendidikan matematika adalah kombinasi antara keyakinan tradisional dan kontruktivis, aspek keyakinan tentang diri sendiri adalah keyakinan tradisional, dan keyakinan tentang konteks sosial adalah keyakinan tradisional, (2) keyakinan siswa sekolah dasar terkait matematika sehubungan dengan jenjang kelas dan gender adalah tidak ada perbedaan khusus sehubungan dengan jenjang kelas, namun terdapat perbedaan keyakinan matematika sehubungan dengan gender yaitu siswa laki-laki merasa yakin bahwa kemampuan matematika yang dimiliki lebih daripada temannya dan salah satu tujuan belajar matematika karena membuat merasa senang, sedangkan siswa perempuan merasa kemampuan matematikanya kurang daripada temannya dan belajar matematika bertujuan agar dapat berhitung. Kata kunci : keyakinan terkait matematika, siswa, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:51
Last Modified: 22 Oct 2024 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83886

Actions (login required)

View Item View Item