PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN

Astri, Zalfa Rafinda (2024) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Zalfa Rafinda Astri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Puren Tahun Ajaran 2022/2023 melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Puren sebanyak 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, lembar observasi dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Puren Tahun Ajaran 2022/2023. Pembelajaran dengan bentuk kompetisi atau tantangan dalam NHT yang dalam pelaksanaannya disertai dengan pemberian reward serta melakukan percobaan, dapat membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar IPA sehingga hasil belajar yang diperoleh pun meningkat. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase skor motivasi belajar IPA yang didapat melalui angket yang didistribusikan kepada siswa diperoleh skor sebesar 69,08% pada siklus I meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Dari data hasil belajar IPA yang diperoleh, nilai rata-rata post test siswa pada siklus I sebesar 82,6. Pada siklus II, nilai rata-rata post test siswa mengalami peningkatan sebesar 87,3. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan post test sebesar 4,7 serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 69,23% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 84,61%. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Motivasi dan Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:49
Last Modified: 22 Oct 2024 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83885

Actions (login required)

View Item View Item