PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS IV SD NEGERI TEGALMULYO YOGYAKARTA

Wijayanti, Sabrina Kurnia (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS IV SD NEGERI TEGALMULYO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sabrina Kurnia Wijayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalmulyo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tegalmulyo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (act and observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi guru dan peserta didik dan deskriptif kuantitatif untuk hasil tes kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menujukkan pembelajaran yang dirancang menggunakan CIRC terbukti dapat memberi pengaruh positif pada proses pembelajaran yang dilakukan baik guru maupun peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan persentase aktivitas peserta didik dalam membaca pemahaman pada saat proses pembelajaran menggunakan model CIRC. Presentase peningkatan pada siklus II meningkat sebanyak 13,95% dari persentase siklus I 86,65% menjadi 100% pada siklus II. Sementara itu keterlaksanaan proses pembelajaran melalui model CIRC dalam membaca pemahaman naik dari siklus I yang semula 86,65% pada siklus II menjadi 100%. Sementara itu, kemampuan membaca pemahaman peserta didik juga ikut meningkat pada tiap indikator kemampuan membaca pemahaman, sehingga berpengaruh pada hasil tes kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman meningkat dari pra siklus sebesar 71,04 (kategori cukup), siklus I sebesar 87,45 (kategori baik sekali), dan siklus II sebesar 98,25 (kategori baik sekali). Kata kunci: membaca pemahaman, CIRC, SD Negeri Tegalmulyo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:47
Last Modified: 22 Oct 2024 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83884

Actions (login required)

View Item View Item