PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FONIK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI JATEN SLEMAN

Kusumawati, Kurnia Cahya (2024) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FONIK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI JATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Kurnia Cahya Kusumawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil kualitas pembelajaran membaca permulaan melalui metode fonik pada siswa kelas I SD Negeri Jaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif menurut Sugiono dengan langkah-langkah: (1) menghitung nilai tes kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan, (2) menganalisis pengamatan aktivitas siswa dan guru yang telah, dan (3) menghitung presentasi keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses kualitas pembelajaran membaca permulaan melalui metode fonik pada siswa kelas I SD Negeri Jaten Sleman dilakukan melaui langkah-langkah berdasarkan pendapat Putri (2018: 25) dan sedikit modifikasi dari peneliti. Peningkatan hasil pembelajaran membaca permulaan melalui metode fonik pada siswa kelas I SD Negeri Jaten mengalami peningkatan mulai dari pratindakan hingga siklus 2. Pada prasiklus presentase hasil tes membaca permulaan siswa adalah 35,7%, saat siklus I meningkat menjadi 70,3% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,1%. Ratarata nilai membaca permulaan pada prasiklus adalah 60, saat siklus I meningkat menjadi 72,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,1. Pada siklus I jumlah siswa yang nilai membaca permulaannya tuntas atau ≥ 75 adalah 19 orang dan pada siklus II meningkat menjadi 23 orang. Kata kunci: pembelajaran membaca permulaan, metode fonik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:43
Last Modified: 22 Oct 2024 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83882

Actions (login required)

View Item View Item