Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual untuk Siswa Sekolah Dasar

Apriansyah, Reno (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual untuk Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran PAI kontekstual, (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran PAI kontekstual bagi siswa sekolah dasar ditinjau dari aspek materi dan aspek media, dan (3) mengetahui peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan produk multimedia pembelajaran PAI kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang secara umum dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, dan (4) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Salman Al Farisi Yogyakarta yang berjumlah 22 orang. 6 orang siswa untuk Uji Beta dan seluruh siswa untuk Uji Coba Program. Instrumen pengumpulan data ialah berupa lembar angket dan soal. Lembar angket digunakan untuk menilai kelayakan produk, diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Lembar angket untuk menanyakan kesan siswa, diberikan kepada siswa. Adapun soal digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran PAI kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk multimedia yang dihasilkan adalah multimedia pembelajaran PAI dengan pokok materi tentang iman kepada rasul-rasul Allah, SK ke 7, KD ke 7.1, 7.2, dan 7.3 untuk siswa SD kelas V pada semester genap; (2) multimedia yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran PAI berdasarkan validasi oleh ahli materi pada Uji Alfa dengan hasil penilaian baik, validasi oleh ahli media pada Uji Alfa dengan hasil penilaian baik, penilaian oleh 6 orang siswa pada Uji Beta dengan hasil sangat baik, dan penilaian oleh seluruh siswa (22 orang) pada Uji Coba Program dengan hasil baik; dan (3) terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran PAI kontekstual dengan rerata pretes 72,3 dan rerata postes 86,4. Pencapaian KKM siswa pada saat pretes dinyatakan tuntas 68% dan tidak tuntas 32%, sedangkan pada saat postes seluruh siswa dinyatakan tuntas atau dengan persentase keberhasilan mencapai 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran PAI kontekstual
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:50
Last Modified: 27 Jul 2016 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8384

Actions (login required)

View Item View Item