Tingkat Pemahaman Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri Jetisharjo Sleman

Nugrahanti, Elsanti Ayu (2024) Tingkat Pemahaman Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri Jetisharjo Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_elsanti ayu nugrahanti_20604221063.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan motorik peserta didik kelas V SD Negeri Jetisharjo Sleman. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jetisharjo Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda dari Rosi Artuti (2023). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Jetisharjo yang berjumlah 45 peserta didik. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman kemampuan motorik peserta didik kelas V SD Negeri Jetisharjo berada pada kategori tinggi sebanyak 23 peserta didik (55%), kategori sedang sebanyak 15 peserta didik (36%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (9%). Hasil analisis tingkat pemahaman kemampuan motorik berdasarkan indikator kelincahan memiliki kategori sedang (66,67%), kekuatan memiliki kategori sedang (63,49%), kecepatan memiliki kategori tinggi (73,21%), keseimbangan memiliki kategori tinggi (67,86%), koordinasi memiliki kategori sedang (61,90%), fleksibilitas memiliki kategori tinggi (70,24%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, pemahaman, peserta didik kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:06
Last Modified: 21 Oct 2024 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83739

Actions (login required)

View Item View Item