Dampak Strategi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelaku Olahraga Rekreasi Gua Pindul Gunung Kidul

Rizka, Rizka (2024) Dampak Strategi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelaku Olahraga Rekreasi Gua Pindul Gunung Kidul. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rizka_21608261025.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak strategi bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelaku olahraga rekreasi di Gua Pindul, Gunung Kidul. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik, serta kualitas layanan yang meliputi bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Serta kepuasan pelaku olahraga yang meliputi harapan, kinerja, perbandingan, konfirmasi atau penolakan dan ketidaksesuaian yang menjadi fokus utama dalam analisis ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Mix Methode dengan menggunakan metode Sequential Exploratory, dimana prioritas tahapan yang dilakukan adalah penelitian kualitatif terlebih dahulu sebagai pijakan atau dasar untuk penelitian kuantitatif. Pada tahapan pengumpulan data kualitatif menggunakan teknik wawancara. Kemudian pada tahapan pengumpulan data kuantitatif menggunakan teknik survey dengan instrumen kuesioner, dengan responden sebanyak 167 orang.. Teknik analisis data menggunakan dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan perangkat lunak AMOS 26. Hasil penelitian secara kuantitatif, terbukti bahwa bauran pemasaran (C.R = 5.106, P<0.001) dan kualitas layanan (C.R = 5.313, P<0.001) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelaku olahraga. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan dalam elemen-elemen bauran pemasaran dan kualitas layanan dapat meningkatkan kepuasan pengunjung, yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kunjungan dan loyalitas pelanggan. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi pengelola destinasi wisata Gua Pindul dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kualitas layanan untuk mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, layanan, kepuasan, Gua Pindul
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:53
Last Modified: 21 Oct 2024 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83737

Actions (login required)

View Item View Item