PENGEMBANGAN MOBILE GAME “BRAINCHEMIST” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM, IKATAN KIMIA, DAN TERMOKIMIA

DWI , AGUSTINA ROMIYATUN (2012) PENGEMBANGAN MOBILE GAME “BRAINCHEMIST” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM, IKATAN KIMIA, DAN TERMOKIMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08303241026.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08303241026.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08303241026.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08303241026.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08303241026.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia, mengetahui kualitas mobile game “Brainchemist” berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, dan mengetahui penilaian dan pendapat siswa terhadap mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia. Mobile game “Brainchemist” ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi. Produk awal ditinjau oleh 1 ahli materi, 1 ahli IT, dan 3 peer reviewer. Penilaian kualitas produk dilakukan berdasarkan aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan audio dan visual, dan rekayasa perangkat lunak. Data penilaian diperoleh dari hasil isian angket dengan skala Likert oleh 5 guru kimia SMA dan 25 siswa SMA kelas XI IPA. Hasil penelitian ini berupa mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia yang dapat dijalankan pada mobile phone dengan sistem operasi Android. Berdasarkan penilaian dari guru kimia, mobile game “Brainchemist” memperoleh skor rata-rata ( ̅ ) 111,8 dan berada pada rentang skor ̅ > 105,006, sehingga termasuk dalam kriteria kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89,44%. Berdasarkan penilaian dari siswa, mobile game “Brainchemist” memperoleh skor rata-rata ( ̅ ) 79,04 dan berada pada rentang skor 64,602 < ̅ ≤ 79,806, sehingga termasuk dalam kriteria kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 83,2%. Siswa berpendapat bahwa mobile game “Brainchemist” ini menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. Mobile game “Brainchemist” layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mobile game “Brainchemist”, Android, Teori Atom Mekanika Kuantum, Ikatan Kimia, Termokimia, ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile game “Brainchemist”, Android, Teori Atom Mekanika Kuantum, Ikatan Kimia, Termokimia, ADDIE
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item